Wednesday, November 1, 2017

Berikut Contoh-contoh Judul Skripsi Program Studi Tafsir dan Hadits



Abdul Basit, Kematian dalam al-Qur’an Perspektif Ibn Kathīr, 2014.
Aceng Muhtar Rosadi. Qiṣāṣ dalam Surat al-Isrā’ Ayat 33 Menurut al-Qurṭubī (Studi Kritis Terhadap Pelaksanaan Hukum Mati dengan Lethal Injection), 2014.
Ahmad Damanhury AR. Penggunaan kata Taklif dalam al-Qur’an, 2014.
Ahmad Fauzan. Penafsiran Isyārī pada Ayat Ma’rifat dan Mahabbah dalam Tafsīr Rūh al-Ma’ānī, 2014.
Ai Popon Fatimah. Salam terhadap Non Muslim Perspektif Hadis, 2014.
Alfionitazkiyah. Keadilan dalam al-Qur’an (Analisis Kata al-Qisth pada Berbagai Ayat), 2014.
Amiruddin Natonis. Dimensi Kemusyrikan Perspektif al-Qur’an: Studi Kasus Masyarakat Desa Pilli NTT Nusa Tenggara Timur, 2014.

Angga Marzuki. Analisa Aspek Munasabah dalam Surat al-Baqarah Ayat 1 sampai Ayat 43 dalam Kitab Safwah al-Tafāsir (Studi Munasabah Antar Ayat dalam Satu Surat), 2014.
Ar-Rahmah. Ragam Pemaparan Ayat dalam Tafsir al-Ibriz karya KH. Bisri Musthofa (Studi tentang Faidah, Tanbih Muhimmah dan Qishshah), 2014.
Budy Prestiawan. Menikahi Orang Musyrik Perspektif al-Jashash dan al-Qurthubī Analisa terhadap Surat al-Baqarah: 221 dalam Tafsir Aḥkām al-Qur’ān dan al-Jāmi’ li Aḥkām al-Qur’ān, 2014.
Dani Kamaludin. Menghadiahkan Pahala untuk Orang Meninggal (Studi Komparatif Penafsiran Ibn Kathīr dan Ibn Ashūr), 2014.
Ernik Sulis Setiawati. Pembunuhan Anak Perempuan Dikalangan Bangsa Arab (Analisis Tafsir QS. al-Naḥl [16]: 58-59; QS. al-Zukhrūf [43]: 17 dan QS. al-Takwīr [81]: 8-9), 2014.
Fasjud Syukroni. Konsep Qadā’ dan Qadar dalam al-Qur’an: Kritik Muhammad Syahrūr atas Penafsiran Ayat-ayat Teologis, 2014.
Gugun Gunawan. Penafsiran QS. al-Hijr [15]: 9 tentang Pemaknaan Lafal al-Ẓīkr sebagai al-Qur’an Sebuah Studi Kritis, 2014.
Harisman. Sa‛īd Ḥawwā dan Penciptaan Perempuan (Studi atas Penafsiran QS. al-Nisā’ [4]: 1), 2014.
Lukmanul Hakim. Menelisik Makna Doa-doa Nabi Sulaiman As, 2014.
Mabrur. Tafsir Jilbab: Dialektika al-Qur’an dengan Realitas Budaya Arab, 2014.
Masfufah. Konsep Kepemimpinan Perempuan dalam Keluarga: Kajian atas QS. al-Nisa’ [4]: 34, 2014.
Magfiroh. Nilai Sosial dalam Surat al-Ma’un: Penafsiran Modern tentang Anak Yatim, 2014.
Mahfudoh. Tabarruj Menurut al-Qurthubi dan Quraish Shihab (Perbandingan Serta Implikasinya terhadap Siswi Lembaga Pendidikan Islam di Desa Sukadalem Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang), 2014.
Moh. Khoiri. Tafsir Ayat-ayat Kiamat: Studi atas QS. al-Zalzalah [199]: 1-8), 2014.
Mohamad Rusli. Tahapan Pengharaman Khamr dalam Tafsir al-Azhar, 2014.
Muhammad Moraganti Aritonang. Penafsiran Jihad Menurut Jama’ah Islamiyah, 2014.
Muhammad Saiful Asyari. Islam Watch dan Kebencian atas Islam: Sanggahan Modern terhadap Penafsiran Surat al-Fatihah Menurut “Islam Watch”, 2014.
Naelatus Sa’adah. Konsep al-Syakhsiyyah al-Sawiyyah dalam al-Qur’an Menurut Perspektif M. Utsman Najati, 2014.
Nidaa Ulhusna. Konsep Penciptaan Alam Semesta (Studi Komparatif antara Teori M. Stephen Hawking dengan Tafsir Ilmi Penciptaan Jagat Raya Kementerian Agama RI), 2014.
Noviyanti. Larangan Melupakan Hafalan al-Qur’an dalam al-Kuttūb al-Sittah (Studi Analisis Sanad dan Matan Hadis), 2014.
Nur Abdillah Sudrajat. Tijāratan Lan Tabūra: Kajian Spiritual dan Implimentasinya dalam Majlis Dzikir as-Samawāt al-Mālikī al-Hasanī, 2014.
Nur Laeli. Pesan Moral Kisah Nabi Yunus Menurut Mufassir Modern Indonesia, 2014.
Nur Laila. Membaca dan Menghafal al-Qur’an di Kalangan Mahasiswa Tafsir Hadis UIN Jakarta (Studi Kasus Mahasiswa Tafsir Hadis Semester 3 dan 5 Tahun 2013), 2014.
Pipit Aidul Fitriyana. Kisah Yusuf dalam Al-Qur’an: Perspektif Semiologi Roland Barthes, 2014.
Ryan Alfian. Konsep Kepemimpinan Menurut Sa‛īd Ḥawwā dalam Kitab al-Asās fī al-Tafsīr dan al-Islām, 2014.
Sa’adatul Jannah. Studi Ayat-ayat Tazkiyat al-Nafs dalam al-Asās fī al-Tafsīr Perspektif Sa‛īd Ḥawwā, 2014.
Serpin. Pesan-pesan Akhlak dalam Kisah Qâbil dan Hâbil (Studi Tafsir Surat al-Mâ’idah ayat 27-31), 2014.
Shofiatul Jannah. Raḍa’ah dan Bank ASI dalam Kajian al-Qur’an, 2014.
Sulaiman. Pemeliharaan Otentisitas al-Qur’an dan Relasinya dengan QS. al-Hijr: 9 Perspektif Mufassir Klasik dan Modern, 2014.
Zainal Fathoni. Qisas Menurut Penafsiran Muḥammad ‘Alī al-Ṣabūnī dalam Tafsir Ayāt al-Aḥkām, 2014.
Zainal Mu’it. Pemakaman Ayat Istawā: Studi Komparatif Penafsiran Syaikh Ibn Taimiyah dan ‘Abdullāh al-Ḥarārī, 2014.
Zakiah M. Bandjar. Malaikat Prespektif al-Qur’an (Studi Komparatif Penafsiran Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah), 2014.
Zulkarnain Ali. Wali Allah dalam Tafsir Al-Azhar (Studi Penafsiran QS. Yunus [10]: 62-54), 2014.
Zulkifli Natonis. Larangan Berzina dalam al-Qur’an dan Ritual Sifon pada Etnis Suku Timor NTT, 2014.
Ilmu Hadis
Aceng Aum Umar Fahmi. Menolak Klaim Misoginis terhadap Hadis Nabi: Memahami Hadis Perintah Sujud Kepada Suami Melalui Perspektif Bahasa, 2014.
Agus Maulana Yusuf. Jual Beli Salam dalam Perspektif Hadis (Studi Kajian Tematik Hadis), 2014.
Ahmad Shalahudin al-Faruqi. Keringanan Bagi Orang yang Meninggal di Hari Jum’at (Kritik Sanad dan Matan Hadis), 2014.
Ana Fauziyah. Nongkrong dalam Perspektif Hadis, 2014.
Annisa. Kajian Tematik Hadis: Tentang Hadis-hadis Kematian, 2014.
Arfan Akbar. Olah Raga dalam Perspektif Hadis, 2014.
Asep Sopian Hadi. Studi Kritik Sanad dan Matan Hadis tentang Jihad yang Paling Utama (Menyampaikan Kebenaran kepada Pemimpin yang Zalim), 2014.
Asri Wiwit Putri. Penggunaan Hadis Da’if dalam Praktek Keagamaan Masyarakat, 2014.
Beni. Sedekah dalam Perspektif Hadis, 2014.
Fiqri Aulia Ilhamny. Hadis Kemiskinan Menurut Ibn Qutaibah dalam Kitab Ta’wīl Mukhtalif al-Ḥādīth, 2014.
Hani Hilyati Ubaidah. Kajian Hadis Tematik Seputar Bersin: Perspektif Ilmu Medis, 2014.
Idris Masudi. Kontribusi Ushul Fiqh dalam Kajian Kritik Matan Hadis, 2014.
Ilmawan Hikmansyah. Studi Kritik Sanad dan Matan Terhadap Hadis: “Di bawah Setiap Rambut Terdapat Janabah”, 2014.
Ina Nurjannah. Imam Shalat Wanita dalam Perspektif Hadis (Kajian Tematik Hadis), 2014.
Khafidzoh. Studi Kritik atas Hadis Larangan Berhias Bagi Perempuan Iddah, 2014.
Khairul Umam. Flora dan Fauna dalam Perspektif Hadis (Kajian Terhadap Hadis Habbat al-Sauda’, Kurma, Zaitun, Lalat dan Kambing), 2014.
Khoirun Nisa. Kualitas Sanad Hadis dalam Kitab Mukhtasar Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn (Pasal yang Menerangkan Hak-hak Muslim Keluarga dan Tetangga), 2014.
Hurin’in AM. Bahasa Kepemimpinan Nabi Muhammad saw, 2014.
M. Afwan Al-Mutaali. Salat Tasbih dalam Perspektif Hadis (Studi Analisis Sanad dan Matan), 2014.
M. Zamzami. Kualitas Hadis-hadis Eskatologi dalam Kitab Daqāiq al-Akhbār, 2014.
Maliya. Kritik Sanad Matan Hadis tentang Perbedaan Niat Makmum dengan Imam dalam Shalat, 2014.
Masrukin. Tidur dalam Perspektif Hadis (Sebuah Kajian tentang Implikasi Pola Nabi terhadap Kesehatan), 2014.
Muhammad Berbudi. Takhrij al-Hadis tentang Fadhilah Puasa dalam Kitab Tanqih al-Qaul, 2014.
Muhammad Munawar. Pencegahan Seks Bebas (Zina) Perspektif Hadis, 2014.
Muhammad Nabiel. Hadis-hadis Penistaan Agama, 2014.
Muhammad Syaman. Studi Hadis-hadis Pembacaan Basmalah dalam Salat (Kajian Hadis Tematik), 2014.
Nurul Wati. Pandangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tentang Khusyu’ dalam Shalat, 2014.
Nurkholis Sofwan. Implementasi Hadis Hak dan Kewajiban Bertetangga di Desa Tenajar Lor-Indramayu, 2014.
Rina Andriani. Hadis Memadamkan Lampu Ketika Hendak Tidur Kaitannya dengan Kesehatan dalam Kajian Ilmiah Modern, 2014.
Siti Fatimah Zahro. Hadis tentang Perempuan sebagai Sumber Fitnah (Studi Makna Hadis), 2014.
Syaifuddin. Kritik Sanad dan Matan Hadis tentang Usia Pernikahan ‘Ā’isyah, 2014.
Syarifatunnisa. Etika Berbisnis dalam Perspektif Hadis: Studi atas Hadis Tentang Ihtikâr, 2014.
Wahyu Ismatulloh. Kepemimpinan Perempuan dalam Pandangan Masyarakat Babakan Tasikmalaya (Analisis terhadap Hadis Lan Yufliḥa Qawmun Walaw Amrahum Imra’atan), 2014.
Zaenuri. Bahaya Lisan: Studi Kualitas Hadis Senda Gurau dalam Kitab Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn, 2014.

No comments:

Post a Comment