Thursday, October 12, 2017

Tidak akan Ada yang Terlewatkan

Oleh: Dr. Abdul Ghoni,M.Hum.
Pada hari akhir nanti semua orang akan menerima buku catatan amalnya selama di dunia. Buku catatan itu akan diberikan kepada setiap kita yang hidup di dunia. Pada saat itu sebagian orang akan terkaget-kaget dan dipenuhi rasa ketakutan yang tak terhindarkan. Ada apa gerangan? Karena buku catatan amal yang disodorkan memuat informasi yang sangat detail dan sangat lengkap.
Tak ada satu pun yang luput dari catatan. Tak ada perbuatan sekecil apapun kecuali termaktub dalam buku tersebut. Buku itu memuat seluruh rangkaian aktivitas, kegiatan, dan perbuatan dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Intinya semua akan dinilai oleh Allah, dari amal harian, amal setiap jam atau menit bahkan detik sekalipun. Hal tersebut digambarkan dalam surat al-Kahfi ayat 49 yang berbunyi:

وَوُضِعَ الْكِتَابُ فَتَرَى الْمُجْرِمِينَ مُشْفِقِينَ مِمَّا فِيهِ وَيَقُولُونَ يَا وَيْلَتَنَا مَالِ هَٰذَا الْكِتَابِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّا أَحْصَاهَا ۚ وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِرًا ۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا
 
Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".

Begitu detailnya Allah akan memperhitungkan perjalanan manusia di dunia, namun masih ada waktu-waktu kita yang berlalu begitu saja tanpa mengingat Allah. Apalagi bagi orang-orang yang melupakan Allah berhari-hari, berbulan-bul hingga bertahun-tahun! Tentu saja mereka dalam penyesalan yang panjang.

Lebih dari itu, dalam setiap kegiatan yang positif pun Allah akan memperlihatkan kepada manusia apa motif, tujuan, dan niat yang melatarbelakangi hal itu dilakukan. Jika saja amal kebaikan yang dilakukan berisi motif dunia, maka hanya ganjaran dunia yang didapatkan dan tentu saja sudah Allah berikan. Dengan demikian kebaikan itu tidak memiliki nilai kecuali apa yang Allah sudah berikan di dunia. Kebaikan itu hanya berlaku di dunia saja, dan tidak berarti apa-apa saat kembali ke akhirat.

Jika hendak menyampaikan laporan kegiatan di dunia, seorang pekerja akan rela melakukan persiapan siang malam demi meraih hasil terbaik dari laporan yang disampaikan. Sebegitu seriusnya ia membuat laporan, sementara yang dilaporkan pun hanya poin-poin kegiatan yang besar. Sang pimpinan tidak akan bertanya apa yang dilakukan setiap menit atau jam selama berada di kantor. Akan tetapi pembuatan laporan itu cukup menyita energi dan pikiran. Bagaimana dengan kesiapan menerima laporan tentang kegiatan selama puluhan tahun di dunia dengan perhitungan yang sangat lengkap? Sungguh urusan menerima laporan catatan amal saat kembali kepada Allah adalah sesuatu yang sangat besar. Dalam surat al-Zalzalah ayat 7 dan 8. Barangsiapa yang melakukan kebaikan sekecil apapun, niscaya ia akan melihat dan menerima pembalasannya. Begitu pula dengan keburukan sekecil apapun, niscaya ada balasannya di sisi Allah. 

Di sisi yang lain gambaran ayat di atas memberikan pesan kepada setiap Muslim agar tidak meremehkan kebaikan sekecil apapun ketika ada kesempatan untuk melakukannya. Allah memperhitungkan kebaikan sekecil apapun. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasululullah bersaba: “Berlindunglah dari api Neraka walaupun dengan shadaqah setengah biji kurma.”

Mari lakukan kebaikan sekecil apapun. Bisa jadi yang kecil dan sederhana akan berbuah besar pagi pelakunya. Perhatikan hadits Nabi riwayat Imam Muslim yang menceritakan seorang Yahudi yang diampuni dosanya karena memberi minum seekor anjing yang kehausan. Dan berhati-hatilah dari hal-hal buruk sekecil apapun dengan merenungkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan masuknya seorang wanita ke dalam Neraka karena membiarkan kucing mati kelaparan. Mari jalani setiap desahan nafas dengan selalu ingat kepada Allah! When your take care of a second in your life, you take care of your whole life!


No comments:

Post a Comment