Monday, February 6, 2017

Mengawali Pembentukkan Generasi Harapan Melalui Pendidikan Keluarga




Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan berperan dalam menciptakan kualitas dalam sebuah lini kehidupan. Itulah sebabnya pendidikan, merupakan cerminan dan tonggak dalam menciptakan sebuah generasi masa depan. Bilamana pendidikan itu berhasil, maka yang lahir adalah benih-benih generasi yang mampu ciptakan perubahan dan lahirkan peradaban. Namun, bila pendidikan tersebut gagal maka yang lahir adalah cikal bakal generasi kebodohan yang melahirkan kemunduran.

Seiring berjalannya proses pendidikan dalam mencapai tujuannya, diperlukan suatu aktivitas nyata untuk merealisasikan paradigma baru dalam pendidikan yang lebih berpihak pada komitmen masa depan sebuah generasi. Yaitu sebuah pendidikan yang akan menghasilkan generasi yang bermutu daya pikirnya, sikap dan perilakunya serta kecakapan hidupnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menentukkan arah sebuah pendidikan, khususnya dalam sebuah ornament pendidikan yang paling dasar yaitu keluarga. Keluarga memiliki peran strategis dalam membangun sebuah generasi yang berkualitas, keluarga juga adalah sebuah unit pergaulan terkecil dalam tatanan kehidupan masyarakat. (Soerjono, 2004 : 23) Maka, keluarga merupakan pondasi awal dalam menciptakan sebuah peradaban yang besar dalam masyarakat.

Sebuah landasan yang mendasari pendidikan tersebut sebagai faktor penting dalam membangun generasi peradaban, adalah fungsi dasar yang dimiliki oleh pendidikan sebagai sarana pembentukkan pribadi seseorang. Pendidikan sebagai proses pembentukkan pribadi diartikan sebagai suatu kegiatan yang sistemik dan sistematis dalam pembentukkan pribadi tersebut. Dalam proses pembentukkan pribadi seseorang, terangkum di dalamnya yaitu penanaman akidah, pembinaan akhlak, penguasaan ilmu, keterampilan dalam kehidupan bermasyarakat, pengembangan akal, dan proses persiapan seorang anak dalam menghadapi kehidupan di dunia dan akhirat, dan semua hal tersebut dapat terwujud bilamana sebuah karakter pendidikan tersebut sudah terarah sejak awal dalam sebuah unit tatanan terkecil yaitu keluarga. 

Maka, keluarga merupakan suatu ornament sakral dalam pendidikan seorang anak. Dalam menjalankan fungsi pentingnya dalam pembentukkan regenerasi di masa depan, sebuah keluarga haruslah memiliki visi dan misi secara khusus, demi mewujudkan peradaban sebuah generasi harapan di masa depan. Karena pada hakikatnya lahirnya sebuah generasi yang baik dan berkualitas adalah dambaan setiap umat karena hal itu akan menjadi sebuah benih peradaban yang akan mengangkat sebuah bangsa di masa yang akan datang. 

Dalam menentukkan arah pendidikan dalam sebuah keluarga, langkah awal selain menentukkan visi dan misi yang terarah dalam mendirikan bahtera keluarga, sepasang suami dan istri juga harus mengenal perannya masing-masing dan peran keluarga secara umum dalam upaya pendidikan. Peran keluarga secara umum menggambarkan seperangkat perilaku interpersonal dan sifat kegiatan yang berhubungan dengan individu dalam posisi dan situasi tertentu. Beberapa peranan yang terdapat dalam keluarga dalam usaha pembentukkan generasi peradaban tersebut ialah, yang pertama adalah peran seorang ayah sebagai nakhoda dalam keluarga, tidak hanya memberikan nafkah kepada keluarga, namun juga sebagai tauladan yang memiliki kekuatan perannya sebagai seorang pemimpin bagi keluarganya. Ayah di samping sebagai pelindung dalam menciptakan rasa aman dalam keluarganya, juga berperan sebagai motorik pendidikan bagi anak-anaknya, mengarahkan dan memberikan pendidikan sebaik-baiknya kepada anak-anaknya. Tidak hanya menempatkan anaknya dan menyerahkannya pada lembaga pendidikan terpercaya untuk mendidik mereka, lantas berlepas tangan karena menganggap fungsinya sebagai seorang ayah telah selesai, namun tidak lupa untuk terus memberikan pemahaman dan mengarahkan pribadi anaknya agar siap berdiri dan berjalan sesuai dengan karakter visi dan misi keluarga yang dibangunnya. Karena tidak semua lembaga pendidikan dapat mengarahkan dan memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik sesuai harapan kedua orang tua.


Maka, mulailah untuk menentukkan arah pendidikan itu sedini mungkin. Menentukkan kualitas pendidikan yang disertai dengan visi dan misi sebuah keluarga yang ideal dan berbobot. Membangun sebuah harapan demi melahirkan generasi-generasi terbaik untuk memajukan bangsa ini, dari sebuah lini terkecil yaitu keluarga. Karena sebuah kesuksesan berawal dan terlahir dari langkah-langkah kecil terlebih dahulu sampai pada akhirnya mampu mendobrak pintu peradaban di masa yang akan datang.

 Oleh : Zulfa Nabilah

No comments:

Post a Comment